Akibat Gadget

228

Gadget adalah alat kecil dan canggih yang mempunyai fungsi tertentu, seperti handphone, kamera, GPS, jam tangan, dan lain-lain.

Sejak dulu gadget selalu menjadi barang yang melekat ke pemiliknya, disebabkan gadget ini berlaku seperti mainan bagi penggunanya, lebih dari sekedar fungsi utamanya sebagai alat komunikasi atau yang lainnya.

Hingga kini, gadget semakin berkembang sehingga penggunaannya semakin praktis dan luas, sehingga semakin lekat pula ia dalam kehidupan sehari-hari penggunanya, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Keterikatan manusia pada gadget telah sampai pada level dimana ketika gadgetnya mati, maka dia seperti orang yang "mati gaya", tidak tahu mau berbuat apa. Ini adalah efek yang tentunya tidak baik.

Pada dasarnya kalau melihat awal mula dibuatnya gadget, seharusnya ia adalah barang yg banyak memberi manfaat. Tapi ternyata, perilaku manusia itu sendiri yang membuat gadget menjadi banyak madharatnya, karena mereka tidak bijak dalam penggunaannya.

Di antara contoh akibat dari tidak bijak menggunakan gadget:

1. Mengurangi waktu produktif, padahal penggunaan waktu kita akan dipertanggung jawabkan. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- bersabda:

لاَ تَزُولُ قَدَمُ ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ: عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ

"Tidaklah bergeser kaki seorang manusia di hari kiamat di sisi Allah, hingga ia ditanya mengenai 5 hal, salah satunya: Tentang umurnya, untuk apa ia habiskan"

Maka kalau ada waktu luang, manfaatkan sebaik-baiknya.. Sebagaimana sabda Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- :

اغتنم خمسا قبل خمس :فَرَاغَكَ قَبْلَ شُغُلِكَ

"Manfaatkan lima hal sebelum datang lima hal.. Waktu luangmu sebelum waktu sempitmu"

Misalnya untuk berjualan, bekerja, menulis, atau baca buku maupun Al Quran..

Di masa terdahulu, yang membuat orang tidak baca Al Quran adalah kesibukan berjihad. Khalid ibnul Walid mengatakan:

شَغَلَنَا الْجِهَادُ ، عَن تَعْلِيمِ الْقُرْآنِ.

"Jihad telah menyibukkan kami dari belajar Al Quran"

2. Terlalu sering bermain gadget menjadikan kecanduan. Kita dapati sebagian orang bangun tidur langsung buka gadget, setiap saat rutin cek notifikasi facebook, grup WA, dan lain-lain, bahkan boleh jadi kepikiran ketika shalat. Na'udzubillah.

3. Mengganggu sosialisasi. Saat ini yang sering terjadi ketika ada kumpul bersama teman, bukannya ngobrol malah asyik dengan gadget masing-masing.

4. Sarana tersebarnya hoax dan permusuhan. Karena ada fitur share, dan karena kapan saja bisa dishare maka hoax bisa cepat tersebar.

5. Masalah kesehatan. Tak dipungkiri bahwa terlalu banyak mengggunakan gadget dapat mengganggu kesehatan mata, punggung. bahkan kesehatan mental.

 

Solusi yang bisa dilakukan:

1. Sibukkan diri dengan membaca buku. Ingat, banyak buku yang belum dibaca.  Dan ketika kita sudah sibuk dengan membaca, otomatis kesibukan kita beralih ke hal yang lebih bermanfaat. Ibnul Qayyim mengatakan:

وَنَفْسُكَ إِنْ أَشْغَلَتْهَا بِالحَقِّ وَإِلاَّ اشْتَغَلَتْكَ بِالبَاطِلِ

"Jiwamu, jika tidak kau disibukkan dengan kebenaran, akan menyibukkanmu dengan kebatilan."

2. Disiplin menggunakan gadget. Buat aturan sendiri untuk ditaati, mengenai jadwal dan yang lainnya.

3. Isilah gadget dengan hal-hal bermanfaat. Jadi kalaupun melihat gadget, tetap bermanfaat menambah ilmu dan pahala. Isilah timeline Facebook, grup WA, Telegram, dan lain-lain dengan akun-akun penyedia artikel bermanfaat dan kajian Islam.

4. Bawa Quran atau buku kemana-mana sebagaimana kita membawa gadget. Sehingga jika ada waktu luang, yang dibaca adalah buku atau Al Quran.. Jangan sampai kita sama seperti orang-orang musyrik terdahulu yang mengabaikan Al Quran, yang Allah kabarkan dalam firman-Nya:

وَقَالَ الرَّسُولُ يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَ?ذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا

"Berkatalah Rasul: Wahai Rabbku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al Quran ini sesuatu yang diabaikan"

Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa melepaskan diri dari jeratan gadget, dan bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Aamiin.

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami