Aqidah Ahlus Sunnah Imam Al Humaidy (6) : Takdir Tidak Akan Meleset

18

Perkataan beliau: “dan (Di antara iman terhadap takdir adalah) ia meyakini bahwa apa yang akan menimpanya tidak akan meleset dan apa yang meleset darinya tidak akan menimpanya. Semua itu adalah takdir Allah Azza wa Jalla”

Penjelasan:

Sebagaimana hadits dari Jabir bin Abdullah bahwa Rasulullah bersabda:

لا يؤمن أحدكم حتى يؤمن بالقدر خيره وشره وحتى يعلم أن ما أصابه لم يكن ليخطئه وما أخطأه لم يكن ليصيبه

“Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah, dan hingga yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.”

Maknanya adalah: Bahwa seorang hamba belum beriman sampai ia meyakini bahwa apa yang menimpanya hanyalah menimpanya adalah karena takdir, yakni, apa yang telah ditakdirkan atas dirinya berupa kebaikan ataupun keburukan, maka tidak akan mungkin akan terluput darinya, yakni melewatinya dan tidak menimpanya.

Dan apa yang diluputkan baginya berupa kebaikan ataupun keburukan dalam takdir, alias tidak ditakdirkan baginya, maka hal itu tidak akan menimpanya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala:

ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب من قبل أن نبرأها إن ذلك على الله يسير

“Tidak ada suatu bencana pun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya.” [QS Al Hadiid: 22]

Dan firman Allah Ta’ala:

قُلْ لَنْ يُصِيبَنَا إِلَّا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا ۚ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ

“Katakanlah: "Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal". [QS At Taubah 51]

Syaikhul Islam mengatakan: “Banyak dari kalangan salaf dan sahabat Nabi serta orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan yang mengatakan: Seseorang tidak mencapai hakikat keimanan sampai dia meyakini bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, dan yang diluputkan untuknya, tidak akan menimpanya.”

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami