Lama Waktu Do'a Mustajab di Hari Jumat

84

Sebagaimana kita ketahui, di hari jumat terdapat suatu waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- bersabda tentang hari Jumat:

فِيهِ سَاعَةٌ لا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

"Di dalamnya terdapat suatu waktu yang seandainya seorang hamba berdiri untuk shalat dan memohon kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah kabulkan permintaannya."

Kemudian beliau berisyarat dengan tangannya bahwa waktu yang dimaksud cukup singkat.

Pertanyaannya, seberapa lamakah waktu tersebut?

Kata "سَاعَةٌ" yang dalam istilah modern berarti "satu jam" atau 60 menit. Namun bukanlah makna itu yang dimaksudkan dalam hadits, karena di masa lalu belum dikenal pembagian jam dan menit.

Dalam hadits Jabir yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan dishahihkan Al Albani, disebutkan bahwa siang hari Jumat terbagi menjadi 12 sa'ah. Sedangkan pengertian "siang" itu sendiri adalah waktu di antara terbitnya fajar sampai dengan tenggelamnya matahari.

Sehingga waktu yang dimaksud dalam hadits tersebut, menurut penjelasan Syaikh Abdul Muhsin Al 'Abbad dalam Syarh Sunan Abi Dawud, boleh jadi kurang atau lebih dari satu jam, tergantung lamanya siang hari, yang kadang cukup panjang di musim panas dan pendek di musim dingin.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan waktu tersebut. Aamiin.

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami