Mengenal Miqat - Serie Haji 5

83

Miqat-Miqat Haji dan Umrah

Miqat secara bahasa adalah batasan. Secara istilah, miqat adalah tempat dan waktu dilaksanakannya sebuah ibadah. Maka Miqat terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Miqat Zamaniyah
2. Miqat Makaniyah

Penjelasan :

1. Adapun Miqat Zamaniyah untuk Umrah dan Haji adalah sebagai berikut. Untuk umrah, maka waktunya bisa setiap saat. Adapun haji, maka ia memiliki bulan-bulan yang tidak sah berhaji kecuali pada bulan tersebut. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Baqarah : 197.
"Bagi haji ada bulan-bulan yang sudah diketahui."
Dan bulan-bulan haji tsb adalah Syawal, Dzulhijjah, Dzulqa'dah.

2. Adapun Miqat Makaniyah untuk Haji dan Umrah adalah sebuah batasan yang tidak dibolehkan bagi orang yang berumrah maupun berhaji untuk melewatinya kecuali dia berihram. Hal tersebut telah dijelaskan oleh Rasulullah Shalallahu'alaihi wa Sallam dalam hadits Ibnu Abbas yang berbunyi, "Rasulullah Shalallahu'alaihi wa Sallam telah menetapkan miqat bagi penduduk Madinah di Dzulkhulaifah, bagi penduduk Syam di Juhfah, bagi penduduk Najd di Qornul Manazil, bagi penduduk Yaman di Yalamlam, hal tersebut telah ditetapkan. Maka siapa yang datang dr daerah tsb dan bukan bagian dr penduduknya hendaknya ia bermiqat saat Haji atau Umrah. Dan siapa yang bukan dr penduduk wilayah tsb, maka hendaknya ia berihram dari tempat tinggalnya. Sampai-sampai penduduk Mekkah datang dari Mekkah." (HR. Muttafaqun'alaih).

Siapa yang mendatangi tempat miqat tanpa berihram, maka ia wajib kembali bila memungkinkan. Bila tidak memungkinkan maka ia harus membayar fidyah. Yakni seekor kambing yang disembelih di Mekkah dan dibagikan kepada orang-orang miskin di sekitar Masjidil Haram

Adapun jika seorang datang dari tempat selain tempat miqat tsb, maka hendaknya ia berihram dr tempatnya. Sebagaimana hadits yang telah lewat yang berbunyi, "Siapa yang datang bukan dr tempat Miqat-Miqat tsb, maka hendaknya ia berihram dari tempat tinggalnya.

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami