Shalat di Pesawat

291

Adakalanya jadwal penerbangan mengharuskan kita untuk melakukan shalat di dalam pesawat karena tidak memungkinkan untuk menjamak shalat ketika di darat. Dalam kondisi semacam ini, shalat wajib harus tetap dilaksanakan pada waktunya dalam kondisi seadanya dan sesuai kemampuan.

Tata cara shalat di dalam pesawat dimulai dengan mencari tempat shalat di dalam pesawat yang memungkinkan untuk berdiri. Sebab, berdiri termasuk rukun dalam shalat fardhu, dan hal ini harus diusahakan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk shalat dengan duduk ketika berdiri tidak dapat dilakukan.

Jika memungkinkan untuk berdiri, baik itu di koridor maupun di tempat khusus shalat dalam pesawat, maka selanjutnya adalah mencari arah kiblat. Jika pesawat sedang menuju Arab Saudi, maka arah kiblat adalah sesuai arah pesawat, yaitu ke arah depan. Sedangkan jika pesawat sedang pulang menuju Indonesia, maka arah kiblat adalah sebaliknya, yaitu ke arah belakang atau ekor pesawat.

Jika tidak memungkinkan untuk berdiri, maka baru dibolehkan shalat sambil duduk di tempat masing-masing. Berikut tata caranya:

1. Duduk tegak, meniatkan shalat di dalam hati.
2. Mengangkat tangan sejajar bahu kemudian takbiratul ihram, lalu bersedekap.
3. Membaca Al Fatihah dan surat pendek.
4. Mengangkat tangan sambil bertakbir, kemudian ruku’ dengan cara menundukkan badan sedikit.
5. Kembali menegakkan badan untuk i’tidal
6. Sujud dengan menundukkan badan lebih menunduk daripada ketika ruku'.
7. Menegakkan untuk duduk di antara dua sujud.
8. Sujud kembali seperti pada poin nomor 6.
9. Kembali duduk tegak untuk rakaat berikutnya, dan seterusnya.
10. Salam seperti biasa.

Demikian tata cara shalat yang dilakukan dalam keadaan duduk. Adapun jika memungkinkan untuk berdiri namun tempatnya tidak memungkinkan untuk ruku dan sujud dengan sempurna, maka tetap wajib berdiri dan menghadap kiblat, lalu ruku-nya menunduk semampunya dalam keadaan berdiri, dan sujudnya menunduk dalam keadaan duduk.

Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang menjaga shalat dan senantiasa mengingat-Nya di kala lapang maupun sempit. Aamiin.

 

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami