Temukan Pengalaman Tak Terlupakan, Umrah di Bulan Ramadhan

121

Keistimewaan umrah di bulan Ramadhan tidak asing lagi, oleh karenanya banyak yang sengaja mengalokasikan bulan Ramadhan untuk pergi umrah bersama keluarga. Rasulullah -shalllahu 'alaihi wasallam- bersabda:

إِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

"Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan senilai dengan berhaji bersamaku" (HR Al Bukhari)
 
Selain karena keutamaan umrah di bulan Ramadhan yang setara dengan haji, terrnyata ada beberapa hal menarik lain yang menjadi magnet orang-orang untuk melaksanakan umrah di bulan yang mulia tersebut, antara lain:
 
1. Tarawih di Masjidil Haram dan Nabawi
Jika kita mengikuti shalat tarawih bersama imam sampai selesai, maka akan dicatat bagi kita pahala semalam suntuk, sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Maka bagaimana pula jika pahala sebanyak itu dilipat gandakan seratus ribu kali karena dilakukan di Masjidil Haram, tentu panen pahala siap menanti, insyaallah. Meskipun surat yang dibaca tiap rakaat cukup panjang, namun indahnya lantunan Al Quran yang dibaca para imam masjid di tanah haram akan membuat kita lupa telah lama berdiri karena menikmatinya.
 
2. Buka Bersama di Masjid
Tiap sore menjelang buka puasa, di halaman masjid sudah siap beberapa donatur atau pesuruh dari donatur untuk berebut menggandeng tangan kita agar mau berbuka bersamanya di masjid. Mereka menggelar sufrah (plastik panjang) untuk menaruh makanan berbuka, yang biasanya terdiri dari roti, kopi arab, kurma, air, dan yoghurt. Sungguh suasana yang sangat indah berbuka bersama jamaah dari seluruh dunia sambil berbincang-bincang ala kadarnya.
 
3. I'tikaf di Masjidil Haram
I'tikaf merupakan sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan, terutama pada sepuluh hari terakhir. Para jama'ah umrah banyak yang sengaja memilih paket i'tikaf demi mencari pahala sebanyak-banyaknya dan malam lailatul qadar. Jika seseorang mendapati malam tersebut, di tempat yang paling afdhal yaitu Masjidil Haram, maka ia telah mengumpulkan dua keutamaan sekaligus dari sisi waktu dan juga tempat.
 
4. Suasana lebih mendukung untuk beribadah
Pada bulan Ramadhan, setan tidak akan leluasa mengganggu sebagaimana hari-hari biasa. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
 
إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ ، وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ

"Apabila bulan Ramadan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu ditutup dan setan-setan dibelenggu." (HR Al Bukhari dan Muslim)
 
Oleh karena itu dorongan maksiat akan berkurang, sebaliknya, semangat beribadah akan lebih banyak. Terlebih ketika bulan Ramadhan di tanah suci banyak yang bersemangat untuk beribadah dan bersedekah sehingga bisa saling menyemangati satu sama lain.
 
5. Kesempatan berdoa sebanyak-banyaknya
Umrah di bulan Ramadhan akan mengumpulkan banyak keutamaan dan kemustajaban doa:
- Doa di bulan Ramadhan
- Doa di tanah haram
- Doa di saat puasa
- Doa sebagai musafir
- Doa ketika beribadah umrah
Oleh karena itu momen ini jangan sampai tersia-siakan, gunakan sebanyak-banyaknya untuk berdoa.
 
Demikian beberapa keistimewaan umrah di bulan Ramadhan yang insyaallah akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Semoga Allah menganugerahkan kepada kita umrah di bulan suci tersebut. Aamiin.

diposting oleh : Admin PT. Batik

Layanan Kontak

Alamat

Email

Hotline

Lihat semua

Berita

Partner Kami