Lompat ke konten

5 Destinasi wisata religi populer di Turki, tujuan wisata setelah melaksanakan umroh.

Destinasi wisata religi populer di Turki

Kota Turki, terkenal dengan keindahan alam dan sejarah islam yang sangat kental. Itulah mengapa, saat ini banyak sekali biro umroh yang menawarkan paket umroh plus Turki sebagai daya tarik. 

Turki, dengan sejarah panjangnya yang kaya dan keberagaman budayanya, menawarkan pengalaman wisata religi yang mendalam bagi para pelancong. Melibatkan perpaduan antara keindahan alam dan nilai-nilai spiritual, destinasi wisata religi populer di Turki tidak hanya mempesona dari segi sejarah, tetapi juga memberikan inspirasi bagi setiap pengunjung. Mari kita menjelajahi beberapa destinasi wisata religi populer di Turki yang dapat memberikan pencerahan spiritual sambil menikmati pesona keindahan Turki.

 

Berikut Destinasi wisata religi populer di Turki

Masjid Biru (Sultan Ahmed Mosque) Istanbul

Masjid Sultan Ahmed, yang lebih dikenal sebagai Masjid Biru, adalah salah satu mercusuar arsitektur di Istanbul, Turki. Dibangun oleh Sultan Ahmed I antara 1609 dan 1616, masjid ini menjadi simbol kekayaan dan kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah pada masa itu.

Sultan Ahmed I memesan pembangunan masjid ini sebagai wujud rasa syukur atas kenaikan tahtanya. Arsitek utama proyek ini adalah Sedefkâr Mehmed Ağa, yang berhasil menciptakan desain megah yang mencampurkan elemen-elemen arsitektur Bizantium dan Islam.

Salah satu fitur paling mencolok dari Masjid Sultan Ahmed adalah kubah dan menara yang dihiasi dengan ubin biru yang memikat, memberikan masjid julukan “Masjid Biru”. Interior masjid ini juga memukau dengan ornamen dan kaligrafi yang indah. Masjid ini selalu menjadi tujuan utama umroh Turki.

 

Gereja Cappadocia

 

Sebagai wilayah dengan sejarah yang kaya, Cappadocia, Turki, memiliki beberapa gereja gua kuno yang menjadi bagian integral dari warisan sejarahnya. Gereja-gereja ini terletak di dalam formasi batu khas Cappadocia yang unik.

Gereja-gereja gua Cappadocia umumnya berasal dari periode kehidupan monastik pada abad ke-4 hingga ke-11 Masehi. Para biarawan memahat gereja-gereja ini di dalam batu lunak yang melapisi lembah dan bukit di Cappadocia.

Salah satu contoh terkenal adalah Gereja Karanlık Kilise (Dark Church) di Museum Terbuka Göreme. Gereja ini dikenal karena fresko-fresko berkualitas tinggi yang masih tetap berwarna dan mendetail hingga saat ini, meskipun untuk melindunginya dari kerusakan, pengunjung harus membayar tiket tambahan.

 

Kuil Artemis-Efesus

 

Kuil Artemis, atau yang dikenal sebagai Kuil Artemis di Efesus, adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Kuil ini terletak di Efesus, kota kuno di Anatolia, sekarang bagian dari Turki modern. Kuil Artemis didedikasikan untuk Artemis, dewi kesuburan dan pemburu dalam mitologi Yunani.

 

Makam Rumi-Konya

 

Makam Rumi, atau Mevlana Rumi, terletak di kota Konya, Turki. Mevlana Rumi adalah seorang sufi terkenal, penyair, dan filsuf yang hidup pada abad ke-13. Makamnya, yang juga dikenal sebagai Mevlana Museum atau Mevlana Türbesi, menjadi tempat ziarah penting bagi penganut sufi dan para pengunjung yang tertarik dengan warisan keagamaan dan sastra.

Beberapa fakta singkat tentang Makam Rumi:

  • Pemakaman dan Museum: Makam Rumi mencakup kompleks yang terdiri dari makam sendiri, dikelilingi oleh bangunan yang menampung berbagai barang bersejarah dan seni yang berkaitan dengan kehidupan dan ajaran Mevlana.
  • Kubah Hijau: Bangunan utama makam memiliki kubah hijau yang mengesankan, dan interior ditutupi dengan keramik dan kain yang indah. Tempat ini menciptakan atmosfer tenang dan penuh rasa spiritual.
  • Dua Makam Utama: Makam Rumi sebenarnya terdiri dari dua makam utama – satu untuk Mevlana Rumi dan yang lainnya untuk putranya, Sultan Veled. Keduanya dihormati di lokasi tersebut.
  • Pustaka Rumi: Makam ini juga menyimpan pustaka Rumi yang sangat berharga, termasuk salinan-salinan kuno dari karya-karyanya yang terkenal seperti “Mathnawi” dan “Divan-e Shams-e Tabrizi.”

 

Kuil St.Nicholas-Demre

 

Destinasi wisata religi populer di Turki terakhir ialah Kuil St. Nicholas, juga dikenal sebagai Basilika St. Nicholas. Terletak di Demre (sebelumnya Myra), sebuah kota kecil di pesisir Laut Tengah di Turki. Kuil ini didedikasikan untuk St. Nicholas, yang dikenal sebagai Santa Klaus dalam tradisi Barat. Hari ini, Kuil St. Nicholas di Demre tetap menjadi situs bersejarah yang menarik pengunjung dari seluruh dunia, terutama mereka yang tertarik dengan sosok St. Nicholas dan tradisi Natal.

Dalam kesimpulannya, Turki menawarkan kekayaan warisan sejarah dan keagamaan yang mengagumkan bagi para wisatawan. Destinasi wisata religi populer di Turki seperti Masjid Sultan Ahmed, Gereja-gereja Cappadocia, dan Kuil St. Nicholas mencerminkan perpaduan antara keindahan arsitektur, spiritualitas, dan sejarah yang mendalam. Melalui perjalanan ini, pengunjung dapat merasakan pesona Istanbul yang multikultural, mengeksplorasi keajaiban alam Cappadocia, serta menyaksikan warisan Santo Klaus di Demre. Turki bukan hanya destinasi fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang memperkaya pengalaman wisatawan dengan keindahan dan kedalaman budayanya. Berbagai keindahan inilah yang membuat http://ptbatik.co.id memberikan pelayanan umroh plus Turki. Hubungi kami melalui WA:   6281339051119

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bismillah saya ingin berangkat ya Allah...

Isi form ini untuk mendaftar! Customer service kami akan segera menghubungi Anda.

ISI FORM DI BAWAH

ISI FORM DISAMPING

Bismillah saya ingin berangkat ya Allah...

Isi form ini untuk mendaftar!  Customer service kami akan segera menghubungi Anda.

ISI FORM DI BAWAH

ISI FORM DISAMPING