Lompat ke konten

6 Wisata Budaya di Turki Menelusuri Keajaiban Sejarah dan Spiritualitas

Wisata Budaya di Turki

Turki merupakan salah satu negara Islam yang menyimpan banyak kisah dan sejarah menakjubkan. Berbagai bangunan peninggalan masa kejayaan Islam masih berdiri tegak di Turki. Warisan budaya tersebut, kini menjadi tujuan wisata budaya di Turki. Banyak turis yang sengaja datang ke Turki untuk menapaki sejarah tersebut. Tak terkecuali para jamaah umroh, yang seringkali menjadikan Turki sebagai destinasi wisata dalam program umroh plus turki.

Wisata Budaya di Turki

Turki menawarkan berbagai destinasi Wisata Budaya di Turki yang memukau, mencakup warisan sejarah, seni, dan keunikan budaya. 

Pesona Sejarah di Istanbul

Istanbul, kota yang mencakup dua benua, Eropa dan Asia, menjadi pusat pertemuan antara budaya Barat dan Timur. Istanbul merupakan salah satu kota yang menyimpan banyak bangunan dengan arsitektur luar biasa yang pastinya juga penuh dengan sejarah. Anda dapat mengunjungi beberapa tempat ketika pergi ke Istanbul.

Hagia Sophia

Pada masa awal pembangunannya dulu, Hagia Sophia merupakan bangunan gereja. Kemudian, saat Turki di bawah kekuasaan Utsmani, gereja ini berubah fungsi menjadi Masjid. Namun, perubahan fungsi itu tidak dibarengi dengan perubahan bentuk gerejanya sendiri. Sehingga arsitektur bangunan ini sangatlah unik. Seiring dengan perkembangan zaman, kini Hagia Sophia dialihfungsikan menjadi museum yang menjadi saksi keajaiban perubahan sejarah dan keberagaman di Turki.

Topkapi Palace

Pada saat kejayaan Turki, Istana ini merupakan pusat pemerintahan Kekaisaran Ottoman. Seiring berkembangnya zaman dan perubahan sistem pemerintahan di Turki, Topkapi Palace di alih fungsikan  museum yang menampilkan koleksi permata, pakaian kerajaan, dan barang-barang bersejarah lainnya sebagai bukti kekuasaan Turki Usmani di jaman dahulu.

Masjid Sultan Ahmed (Masjid Biru)

Masjid Sultan Ahmed, juga dikenal sebagai Masjid Biru, adalah sebuah masjid megah di Istanbul, Turki. Dibangun antara 1609 dan 1616, masjid ini menonjol dengan enam kubah besar dan dua menara tinggi. Arsitekturnya yang indah dengan ornamen marmer, kaligrafi, dan ubin biru menjadikannya salah satu landmark paling terkenal di Istanbul. Lokasinya yang sentral dan interior yang megah membuat Masjid Sultan Ahmed menjadi daya tarik utama bagi wisatawan dan peziarah.

 Keindahan Cappadocia

Cappadocia, dengan lanskap batu kapur dan lembah, menyuguhkan pengalaman yang magis. Menyaksikan balon udara melayang di atas formasi batu unik di Goreme adalah pengalaman tak terlupakan. Lokasi ini juga dikenal karena pemukiman bawah tanahnya, gereja-gereja gua, dan pemandangan balon udara yang menakjubkan.

Keindahan Arsitektur Ottoman di Edirne

Edirne adalah sebuah kota yang terletak di barat laut Turki. Kota ini memiliki sejarah yang kaya sebagai bekas ibu kota Kekaisaran Ottoman sebelum dipindahkan ke Istanbul. Edirne dikenal dengan keindahan arsitektur Ottoman, termasuk masjid-masjid megah dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya.

Salah satu landmark yang terkenal di Edirne adalah Masjid Selimiye, yang merupakan karya arsitektur Ottoman yang luar biasa dan masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO. Kota ini juga memiliki Jembatan Meric yang menghubungkan kedua sisi sungai dan menjadi simbol penting bagi Edirne.

Keuntungan Mengikuti Program Umroh Turki

Mengunjungi Turki setelah melaksanakan umroh memberikan beberapa keuntungan yang dapat memperkaya pengalaman spiritual dan budaya. Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  • Turki memiliki mayoritas penduduk Muslim, menciptakan atmosfer yang ramah dan mendukung bagi peziarah yang baru saja menyelesaikan umroh. Anda dapat merasakan kehangatan dan keramahan dari masyarakat setempat.
  • Turki kaya akan warisan sejarah Islam, termasuk masjid-masjid bersejarah seperti Masjid Sultan Ahmed dan Hagia Sophia. Mengunjungi tempat-tempat ini setelah umroh memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lebih lanjut dalam konteks sejarah Islam.
  • Kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran Islam dalam sejarah Ottoman dan bagaimana itu membentuk budaya Turki.
  • Mendapatkan pengalaman mendalam tentang tradisi spiritual dan kebijaksanaan Sufi dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah tentang sufi.

 Kesimpulan

Mengunjungi Turki setelah melaksanakan umroh memberikan pengalaman yang sangat berharga. Dari lingkungan ramah Muslim hingga keajaiban sejarah dan spiritualitas, Turki menawarkan keseimbangan unik antara warisan Islam Ottoman, keindahan alam yang menakjubkan, dan kekayaan budaya yang mendalam.

Melalui kunjungan ke masjid-masjid bersejarah, istana megah, dan tempat-tempat Sufi, peziarah dapat memperdalam pemahaman mereka tentang sejarah Islam dan merasakan kedalaman spiritual. Sementara itu, eksplorasi keajaiban alam Turki seperti Pamukkale dan Cappadocia menambah dimensi keindahan dan keseimbangan dalam perjalanan.

Dengan kekayaan kuliner, budaya, dan keramahan masyarakat setempat, Turki memberikan kesempatan untuk merayakan keberagaman dan keselarasan antara spiritualitas dan kehidupan sehari-hari. Keseluruhan, mengunjungi Turki setelah umroh menjadi pengalaman holistik yang memperkaya jiwa, pikiran, dan hati.

Anda bisa mendapatkan semua pengalaman tersebut dengan mengikuti program umroh plus turki dari http://ptbatik.co.id atau melalui 6281339051119. Melalui program umroh Turki, kita dapat menikmati wisata budaya di Turki yang syarat akan sejarah dan keindahannya. 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bismillah saya ingin berangkat ya Allah...

Isi form ini untuk mendaftar! Customer service kami akan segera menghubungi Anda.

ISI FORM DI BAWAH

ISI FORM DISAMPING

Bismillah saya ingin berangkat ya Allah...

Isi form ini untuk mendaftar!  Customer service kami akan segera menghubungi Anda.

ISI FORM DI BAWAH

ISI FORM DISAMPING